Kamis, 07 Februari 2013

Tips Merawat Burung Beo

 
Tips Merawat Burung Beo
Berikut adalah tips umum memelihara burung beo:
1. Bersihkan sangkar burung beo secara teratur, bahkan setiap hari jika diperlukan. Bersihkan kandang dari kotoran, bulu rontok, atau sisa-sisa makanan.
2. Beri burung beo air segar setidaknya sekali sehari.
3. Beri makan burung beo dua kali sehari. Tiap jenis beo makan makanan yang berbeda, jadi pastikan mengetahui pakan yang paling tepat untuk beo Anda.
4. Bermainlah dengan burung beo. Sediakan berbagai mainan untuk beo peliharaan Anda.
Beo adalah burung yang cerdas sekaligus mudah bosan jika mereka tidak diberi mainan. Beo yang bosan akan stres dan mungkin akan mulai mencabuti bulunya sendiri.

Tips Membersihkan Kandang Beo
Berikut adalah beberapa tips membersihkan kandang burung beo:
1. Bersihkan kandang dengan handuk basah. Beo umumnya menghasilkan zat seperti tepung yang berpotensi mengotori kandang.
2. Pindahkan beo dari kandangnya dan bersihkan kandang secara menyeluruh setidaknya seminggu sekali. Anda dapat menggunakan campuran 50/50 pemutih dan air atau sabun cuci piring.
Bilas pembersih secara menyeluruh dan keringkan kandang sebelum kembali memindahkan beo ke dalamnya.
3. Cuci mangkuk makanan dan air secara menyeluruh setidaknya seminggu sekali.

Tips Memberi Makan Burung Beo
1. Beri makan burung beo dengan beragam makanan. Jangan selalu beri makan beo biji-bijian karena bisa membuat beo terlalu gemuk.2. Beri makan burung beo dengan buah-buahan segar dan sayuran. Potong buah dan sayuran berukuran sekitar 1 cm sebelum diberikan ke beo.
3. Variasikan cara penyajian makanan. Agar beo tidak bosan, coba gantung sayuran segar alih-alih memotongnya. Burung beo akan mendapatkan mainan baru sekaligus makanan yang menyehatkan.
4. Membuat roti untuk burung beo. Terdapat banyak resep roti untuk beo Anda di internet. Anda juga dapat memvariasikan resep sesuai dengan keinginan.

Tips Bermain dengan Beo
1. Usahakan untuk menyempatkan bermain dengan beo Anda setiap hari. Burung beo dikenal sangat cerdas dan bersifat sosial.
2. Pastikan burung beo memiliki banyak mainan di kandangnya. Hal ini akan membuatnya tetap sibuk dan tidak bosan saat Anda tidak bisa bermain bersamanya.
3. Pastikan burung beo memiliki banyak mainan untuk dikunyah. Anda dapat membeli mainan dari kayu atau membuatnya sendiri. Sebuah balok kayu berukuran 15 x 10 x 5 cm akan membuat beo sibuk bermain selama beberapa waktu.
4. Mainan yang banyak dan beraneka ragam juga akan membuat beo tidak bosan sehingga menghindarkannya bersuara berisik.

Sumber:  http://bumbata.co/10767/tips-memelihara-beo-panduan-lengkap-merawat-burung-beo/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar